Trik Mengatasi Saluran Air yang Tersumbat Sendiri Dirumah

Salah satu masalah yang sering timbul dalam kehidupan rumah tangga adalah saluran air yang tersumbat. Ya, masalah yang satu ini pastinya akan menjadi masalah yang cukup besar jika dibiarkan karena akan menghambat rutinitas dan aktivitas setiap harinya.

Nah, bagi Anda yang sering atau baru saja mengalami masalah saluran air tersumbat. Tidak perlu bingung dan khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai tips dan trik mengatasi saluran air yang tersumbat sendiri dirumah.

Jadi  dengan melakukan tindakan ini, Anda sudah tidak perlu lagi memanggil jasa service atau jasa sedot WC jika sumbatan air tidak terlalu parah dan dapat diatasi. Langsung saja yuk kita simak beberapa trik mengatasi saluran air tersumbat dirumah.

Trik Mengatasi Saluran Air Tersumbat

Berikut beberapa cara mengatasi saluran air tersumbat yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur Anda.

  • Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Salah satu bahan yang ada di dapur Anda dan dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi saluran air yang tersumbat adalah sabun cuci piring dan air panas. Salah satu bahan alami yang satu ini ternyata cukup ampuh untuk mengatasi saluran air yang mampet.

Sabun cuci piring dan air panas dapat Anda coba untuk mengatasi sumbatan pada saluran air yang disebabkan oleh adanya lemak atau minyak. Caranya sangat mudah, pertama tuangkan sedikit sabun cuci piring pada saluran pembuangan air. Kemudian setelah itu, tuangkan air panas yang masih mendidih untuk menghilangan sumbatan berminyak pada saluran.

Agar tidak terjadi sumbatan lagi, pastikan Anda melakukannya setidaknya sekali dalam seminggu secara rutin.

  • Baking Soda dan Cuka

Bahan alami berikutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi saluran air yang tersumbat adalah baking soda dan cuka. Nah, ternyata cara ini sangat ampuh sekali atasi masalah saluran air yang tersumbat karena jika kedua bahan ini dicampurkan maka akan terjadi reaksi kimia dan membentuk gelembung yang sangat ampuh menghilangkan sumbatan.

Cara mengatasi saluran air yang tersumbat dengan kedua bahan ini juga sangat mudah. Pertama yang harus Anda lakukan adalah tuangkan satu cangkir bubuk soda kue ke dalam saluran yang mampet, kemudian selanjutnya tuangkan dua cangkit air mendidih lalu diamkan beberapa menit.

Setelah itu tambahkan satu cangkir bubuk soda kue ke dalam pipa air, lalu ikuti dengn satu cangkir cuka.

  • Bersihkan Saluran Secara Rutin

Cara yang paling ampuh terakhir adalah pastikan Anda membersihkan saluran air secara rutin. Hal ini tidak hanya dapat mengatasi masalah saluran air yang tersumbat akan tetapi juga untuk mencegahnya terjadi lagi.

Menjaga kebersihan saluran air secara rutin merupakan suatu hal yang sangat penting sekali. karena saluran air terutama pada westafel dan kamar mandi akan menimbulkan bau yang tidak sedap jika tidak dibersihkan secara rutin.

Untuk membersihkannya Anda bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan beberapa bahan alami yang sudah kami sebutkan diatas, jangan membuang segala sesuatu ke dalam lubang westafel atau gunakan penyaring untuk menghadang sisa makana atau rambut.

Jika beberapa cara mengatasi saluran air tersumbat yang sudah kami jelaskan diatas tidak mempan. Segera hubungi kami sebagai penyedia jasa sedot WC terbaik dan berkualitas yang juga melayani perbaikan saluran air tersumbat, WC mampet, hingga pemasangan dan perbaikan septic tank.  Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *