Tips Perawatan WC setelah Lakukan Sedot WC yang Harus di Perhatikan


Sedot WC merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melakukan pembersihan serta menjaga agar kualitas air dirumah tetap bersih dan tidak tercemar. Namun, walaupun demikian setelah kita melakukan penyedotan bukan berarti kita bisa menggunakan WC sembarangan.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai tips perawatan WC yang perlu Anda perhatikan agar WC tidak mampet atau tersumbat lagi di masa depan. Penasaran kan apa saja hal-hal yang harus Anda lakukan untuk merawat WC? Langsung saja yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Tips Perawatan WC Agar Tidak Mampet dan Tersumbat

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai tindakan cara merawat WC agar tidak tersumbat. Pastikan melakukannya secara rutin.

  • Bersihkan Lubang Air Sekitar Toilet  secara Rutin

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pastikan Anda membersihkan lubang air yang berada di sekitar toilet secara rutin. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan agar aliran air menjadi lancar. Dengan begitu hal ini dapat mengurangi kemungkina terjadinya sumbatan lagi.

Jika Anda sudah cukup lama tidak membersihkannya, Anda bisa coba gunakan baut untuk membersihkan timbunan kotoran yang ada di dalam lubang tersebut.

  • Minta Bantuan Tukang Ledeng

Jika Anda melihat atau mendengar aliran air yang mengalir pada bak cuci atau pancuran setiap kali mengguyur WC atau kloset, ini menandakan adanya sumbatan yang cukup dalam. Adanya sumbatan ini tentunya akan berpotensi dapat mengganggu fungsi toilet jika terus dibiarkan. Cara yang tepat ketika Anda sudah merasakan hal seperti ini adalah pastikan Anda segera meminta bantuan tukang ledeng.

  • Mencegah Terjadinya Sumbatan Lagi

Jika toilet WC yang Anda gunakan sering mengalami sumbatan, pastikan Anda mencari tahu penyebab dan cara mencegahnya agar tidak terjadi sumbatan lagi. Penyebab umum terjadinya penyumbatan pada toilet WC adalah tisu dan pembalut wanita serta juga bisa jadi mainan anak-anak ikut terserat arus air ketika kita menyiram WC.

  • Bersihkan Toilet secara Menyeluruh

Tips merawat WC agar tidak mampet dan tersumbat yang berikutnya adalah pastikan Anda membersihkan toilet secara menyeluruh. Caranya adalah Anda bisa lakukan disinfeksi pada mangkuk toilet dengan menggunakan pembersih disinfektan jika sumbatan sudah teratasi.

Apabila Anda menggunakan kawat ketika membersihkannya, maka segera buang kawat dan alat lainnya yang digunakan karena peralatan ini dapat menyebarkan bakteri serta dapat mengeluarkan bau jika tidak dibersihkan dengan baik.

Alat sedot WC yang dapat Anda jadikan alternatif untuk membersihkan WC adalah alat pel dengan kantong plastik yang menutup bagian ujungnya.

  • Pastikan Produk Pembersih Saluran Air Cocok

Perlu diketahui bahwa sebagian besar produk pembersih saluran air rumahan yang dijual di supermarket tidak cocok digunakan untuk toilet. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memeriksa terlebih dahulu label di kemasan produk untuk memastikannya aman digunakan.

Produk pembersih yang tidak cocok atau tidak sesuai  akan berpotensi dapat merusak toilet dan juga pipa plastik jika digunakan.

  • Berhati-hati dan Waspada Ketika Menggunakan Bahan Pembersih WC Kimia

Produk pembersih saluran air atau toilet yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia pada umumnya mengandung racun. Oleh karena itu, pastikan Anda menghindari kontak langsung dengan mata atau kulit.

Selain itu, pastikan juga Anda tidak mencampurkannya secara bersamaan dengan bahan kimia yang lainnya. Pastikan mengikuti panduan dengan seksama dan perhatikan peringatan yang tertera.

Itu dia beberapa informasi mengenai tips perawatan WC agar tidak tersumbat. Semoga bermanfaat, untuk lebih mudahnya Anda bisa memanfaat jasa sedot WC kami untuk melakukan sedot WC dan pembersihan saluran air. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *